Kebenaran Alkitab
/

The Truth The Bible

 

Repentance | Pertobatan

Matius 4:17 Sejak waktu itulah Yesus memberitakan: "Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga suda dekat!"

Tuhan punya definisi Pertobatan

Amsal 18:13 Siapa menyembunyikan pelanggarannya tidak akan beruntung, tetapi siapa mengakuinya dan meninggalkannya akan disayangi.


Tuhan punya definisi Dosa

1 Yohanes 3:4 Setiap orang yang berbuat dosa, melanggar juga hukum Tuhan, sebab dosa ialah pelanggaran hukum Tuhan.


Ecclesiasticus/Sirakh 17:24-26 Orang yang menyesal diizinkan kembali kepada-Nya dan orang yang kehilangan ketabahan hati dihibur-Nya. 25. Tinggalkanlah dosa-dosamu dan datanglah kepada Tuhan. Berdoalah di hadapan-Nya dan jangan terus berbuat jahat. (Bertobatlah: meninggalkan melanggar Hukum Taurat; berdoa kepada Tuhan untuk pengampunan melalui Kristus: Yohanes 14:13, kelapaskan dari dosa lebih dan TUMBUH di melakukan firman/hukum.)

26. Kembalilah kepada Tuhan Yang Maha Tinggi dan jangan berbuat dosa lagi. Hendaklah bersungguh-sungguh membenci kejahatan. 

Markus 1:15 kata-Nya: "Waktunya telah genap; Kerajaan Tuhan sudah dekat. Bertobatlah dan percayahlah kepada Injil!"

Kita Harus Benar-benar Bertobatlah dan dengan SUNGGUH-SUNGGUH menyembah Bapa Surgawi melalui Yesus Kristus dengan menjadi dilahirkan kembali dan memperbaharui pikiran kita, menurut Alkitab.BUKAN menurut agama, kelompok Israel atau orang APAPUN (imam, imam tinggi, Pendeta,Pemerintah yg terpilih, pemimpin, atau apapun,dan lain lain).

Yohanes 4:22-24 Kamu menyembah apa yang tidak kamu kenal, kami menyembah apa yang kami kenal, sebab keselamatkan datang dari bangsa Yahudi. 
23. Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian.
24. Tuhan itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran."


Yesaya 10:20-22 Tetapi pada waktu itu sisa orang Israel dan orang yang terluput di antara kaum keturunan Yakub, tidak akan bersandar lagi kepada yang mengalahkannya, tetapi akan bersandar kepada TUHAN, Yang Mahakudus, God Israel, dan tetap setia. 
21. Suatu sisa akan kembali, sisa Yakub akan bertobat di hadapan Tuhan yang perkasa.
22. Sebab sekalipun bangsamu, hai Israel, seperti pasir di laut banyaknya, namun hanya sisanya akan kembali. TUHAN telah memastikan datangnya kebinasaan dan dari situ timbul keadilan yang meluap-luap.

Untuk benar-benar bertobat, KITA HARUS mematuhi perintah-perintah perjanjian lama(alkitab) dan memiliki iman di dalam Kristus. Pertobatan sejati TIDAK terjadi/bukan dengan bergabung dengan kelompok Israel atau agama dan gereja (tempat ibadah). TAPI HANYA mempertahankan penyembahan/ibadah dengan berikut perintah MANUSIA yg tertulis: Yeremia 17:5, Roma 3:4, dll, bukannya pertobatan oleh MELAKUKAN firman/hukum TUHAN persis seperti Dia memerintahkan kita: 

Markus 7:21-23 sebab dari dalam, dari hati orang, timbul segala pikiran jahat, percabulan, pencurian, pembunuhan, 22. perzinahan, keserakahan, kejahatan, kelicikan, hawa nafsu, iri hati, hujat, kesombongan, kebebalan. 23. Semua hal-hal jahat ini timbul dari dalam dan menajiskan orang."

(pikiran jahat: Ulangan 10:16; perselingkuhan: Imamat 20:10; perkosaan/zina: Imamat 20-1-27; pembunuhan: Keluaran 21:12; pencurian: Imamat 19:13; keserakahan: Keluaran 20:17; ejahatan: Ulangan 9:5; kecurangan/penipuan: Imamat 6:1-4; kebirahan: Kejadian 39:7-12; mata jahat: Keluaran 2:13-14, Kejadian 37:4-11; penghujatan: Imamat 24:13-16; bangga/sombong: Keluaran 9:34-35; kebodohan: Bilangan 12:11; SEMUA hukum Perjanjian Lama)


Galatia 5:19-21 Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu, 20. penyembahan berhala, sihir; perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, 21. kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu--seperti yang telah kubuat dahulu--bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan God.

(Percabulan: Ulangan 22:22; kecemaran: Imamat 18:6-24; najislah: Imarat 20:25-26; hawa nafsu: Ulangan 22:13-21; penyembahan berhala: Ulangan 4:15-19; sihir: Ulangan 18:9-14; perseteruan: Imamat 19:17; perselisihan: Ulangan 19:15; iri hati: Yeremia 17:5; amarah: Imamat 19:17-18, Amsal 14:29; kepentingan diri sendiri: Keluaran 21:18-19; percideraan: Keluaraan 23:2; roh pemecah: Ulangan 13:4-11; kedengkian: Keluaran 20:17; pembunuhan: Kejadian 9:6; kemabukan: Ulangan 29:19; pesta pora: Ulangan 32:19-24; dan sebagainya: Ulangan 4:1-9; SEMUA hukum Perjanjian Lama)


Matius 19:16-19 Ada seorang datang kepada Yesus, dan berkata: "Guru, perbuatan baik apakah yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?" 17. Jawab Yesus: "Apakah sebabnya engkau bertanya kepada-Ku tentang apa yang baik? Hanya Satu yang baik. Tetapi jikalau engkau ingin masuk ke dalam hidup, turutilah segala perintah Tuhan."
18. Kata orang itu kepada-Nya: "Perintah yang mana?" Kata Yesus: "Jangan membunuh, jangan berzinah, jangan mencuri, jangan mengucapkan saksi dusta, 19. hormatilah ayahmu dan ibumu dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri."

Markus 10:17-19 Pada waktu Yesus berangkat untuk meneruskan perjalanan-Nya, datanglah seorang berlari-lari mendapatkan Dia dan sambil bertelut di hadapan-Nya ia bertanya: "Guru yang baik, apa yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?"
18. Jawab Yesus: "Mengapa kaukatakan Aku baik? Tak seorangpun yang baik selain dari pada God saja.
19. Engkau tentu mengetahui segala perintah God: Jangan membunuh, jangan berzinah, jangan mencuri, jangan mengucapkan saksi dusta, jangan mengurangi hak orang, hormatilah ayahmu dan ibumu!"

Wahyu 14:12 Yang penting di sini ialah ketekunan orang-orang kudus, yang meneruti perintah Tuhan dan iman kepada Yesus.

Kristus memberi kita pemahaman tentang bagaimana spiritual hukum sebenarnya, dan wawasan yang lebih dalam kata yang menunjukkan kepada kita bagaimana mendalam hukum adalah. Tuhan Yesus juga memberi kita pemahaman untuk dapat memperbaharui pikiran kita dan untuk mengkonversi dan menjadi spiritual (Mazmur 19:7, Amsal 24:9, Ulangan 10:16, Yehezkiel 36:25-27) dengan hukum mengganti pikiran berdosa kita sendiri sehingga kita benar-benar bisa menjaga hukum:

Matius 5:27-28 Kamu telah mendengar firman; Jangan berzinah. 28. Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang MEMANDANG PEREMPUAN serta MENGINGINKANNYA, sudah BERZINAH dengan dia di DALAM HATINYA.


Roma 7:14 Sebab kita tahu, bahwa HUKUM TAURAT ADALAH ROHANI, tetapi aku bersifat daging, terjual di bawah kuasa dosa.

Yakobus 1:13-16 Apabila seorang dicobai, JANGANLAH IA BERKATA: "Pencobaan ini datang dari God!" Sebab God tidak dapat dicobai oleh yang jahat, dan Ia sendiri TIDAK mencobai siapapun. 14. Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh KEINGINANNYA sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya. 15. Dan apabila keinginan itu telah dibuahi, ia melahirkan dosa; dan apabila dosa itu suda matang, ia melahirkan maut. 16. Saudara-saudara yang kukasihi, JANGANLAH SESAT!

1 Yohanes 3:15 Setiap orang yang MEMBENCI saudaranya, adalah seorang pembunuh manusia. Dan kamu tahu, bahwa TIDAK ada seorang pembunuh yang tetap memiliki hidup yang kekal di dalam dirinya.

Roma 7:6-7 Tetapi sekarang kita telah dibebaskan dari hukum Taurat, sebab kita telah mati bagi dia, yang mengurung kita, sehingga kita sekarang melayani dalam keadaan baru menurut Roh dan bukan dalam keadaan lama menurut huruf hukum Taurat. 7. Jika demikian, apakah yang hendak kita katakan? Apakah hukum Taurat itu dosa? SEKALI-KALI TIDAK! Sebaliknya, justru oleh hukum Taurat aku telah mengenal dosa. Karena aku juga tidak tahu apa itu keinginan, kalau hukum Taurat tidak mengatakan: "Jangan mengingini!"

(Menginginkannya itu nafsu dosa, seperti mengingin seorang atau saudara punya istri atau orang lain punya oto/mobil dan sebagainya, yang bisah menjadi berzinah/perselingkuhan dan pencuri oto. Karena itu, Paulus kasih tunju, kalau mencoba mematuhi TUHAN atau menjadi spiritual adalah mustahil tanpa melakukan Hukum Taurat.)

Karena tidak mengenal pengertian, atau mengikuti dusta, agama kristen, agama2 lain dan doktrin palsu, orang banyak tersandung Firman atau Hukum TUHAN karena dorang pikir kita seng usa mentaati hukum TUHAN. Atau, karena Kristus kasih kita karunia dan adalah hidup kita bisah dengan tak bersalah mengabaikan Hukum-Hukum. Lalu hasilnya banyak orang mengembara dari seng kenal alkitab dan tinggal dalam dosa, dan MENDERITA sangat dan tinggal terkutuk; Yohanes 5:14, Amsal 8:36, Ulangan 28:15 etc. Kita TIDAK benar (justified) oleh cuma mentaati hukum²  Tuhan atau mengamati Torah (hukum² dari TUHAN Yang Mahatinggi oleh Musa: Ulangan 4:5), Karena kita harus mustih mentaati hukum² yang ada berlaku dan percaya/iman dalam Yesus Kristus: Wahyu 14:12.

Beberapa hukum² dan kitab-kitab dalam Alkitab suda selesai melalui Kristus yang datang di bumi sebagai manusia, disalibkan dan Ia akan bangkit: Yesaya 26:19, Mazmur 16:10, etc., Tapi Kristus menggenapinya kitab-kitab dan nabuat² untuk mengkonfirmasikan dan menentukan Dia adalah itu Penebus dan Mesias, itu TIDAK berarti sekarang kita seng usa menyimpan hukum hukum, hari sabbath, hari hari kudus, hukum diet, etc.:

Matius 5:17 "JANGANLAH KAMU MENYANGKA, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau KITAB PARA NABI. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya. 

:18 Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun TIDAK akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi.

(Lukas 24:44 Ia berkata kepada mereka: "Inilah perkataan-Ku, yang telah Kukatakan kepadamu ketika Aku masih bersama-sama dengan kamu, yakni bahwa harus digenapi semua YANG ADA TERTULIS tentang Aku dalam kitab Taurat Musa DAN kitab nabi-nabi DAN kitab Mazmur."

:19 Karena itu siapa YANG MENIADAKAN SALAH SATU perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, DAN MENGAJARKANNYA demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling RENDAH di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga.

Selain itu, Kristus menggenapkan sementara hukum perceraian (Ulangan 24:1, Matius 19:3-9), atau hukum² yang terkait memiliki Imam/tengukulak apa saja untuk Bapa yang di sorga yang CUMA dalam efek sampai Kristus: Mazmur 110:4, Zakharia 6:2-13, Maleakhi 3:1-3, etc, ITU BUKAN berarti hukum SEMUA dari Perjanjian Lama sekarang dihapuskan. Sejelasnya, di 2016 Kristus kami punya hanya Imam Besar, kita tidak memiliki orang macam imam; bahkan dengan nama ibrani seperti "Ka-han" atau judul Rabi (karena itu milik Kristus, bukan manusia apa saja di 2016: Matius 23:8!

Hukum hukum tidak lagi berlaku, karena Kristus adalah Imam kami, memasukkan kita seng usa lagi kasih orang atau "imam²" persembahan persepuluhan 10% (yang itu tidak pernah uang semula: Imamat 27:30-32, Matius 23:23, Amsal 3:9, etc)dan binatang pengorbanan/korbankan: Yesaya 16:1, Mazmur 34:20, Yohanes 1:29, Ibrani 10:10-21, etc.,atau yang lalu diperintahkan jumlah anngur, dan jumlah minyak dan tepung diperintahkan dengan kita punya korbankan daging seperti domba atau lembu diperlukan pada hari hari kudus, sabat (sabtu/sabbatu) atau bulan baru.

Kolose 2:16 Karena itu janganlah kamu biarkan orang menghukum kamu mengenai makanan dan minuman atau menegai hari raya, bulan baru ataupun hari Sabat; (Berhenti mengikuti manusia, kekristenan atau ditafsirkan menurut kehendak sendiri tanpa harus ini harus itu (yesaya 28:13) daging,  minuman, bulan baru, dan sabat CUMA pergi bersama-sama dalam alkitab dalam kaitannya dengan korban korban perintah daging dan minuman korban atau hari-hari raya dan perayaan-perayaan di Bilangan 28:9-14. Paulus memelihara dan mendidik memegang sabat dan hari-hari kudus: 1 Korintus 11:24-31, 1 Korintus 5:7-8, etc):

Bilangan 28:9 "PADA HARI SABAT: dua ekor domba berumur setahun yang tidak bercela, dan dua persepuluh efa tepung yang terbaik SEBAGAI KORBAN SAJIAN, diolah dengan minyak, serta dengan korban curahannya.
10. Itulah korban bakaran Sabat PADA TIAP-TIAP SABAT, di samping korban bakaran yang tetap dan korban curahannya.
11. Pada BULAN BARUMU HARUSLAH KAMU mempersembahkan sebagai korban bakaran kepada TUHAN: dua ekor lembu jantan muda, seekor domba jantan, tujuh ekor domba berumur setahun yang tidak bercela,
12. dan juga tiga persepuluh efa tepung yang terbaik SEBAGAI KORBAN SAJIAN, diolah dengan minyak, untuk tiap-tiap LEMBU JANTAN, serta dua persepuluh efa tepung yang terbaik SEBEGAI KORBAN SAJIAN, diolah dengan minyak, untuk DOMBA JANTAN yang seekor itu,
13. serta sepersepuluh efa tepung yang terbaik SEBAGAI KORBAN SAJIAN, diolah dengan minyak, untuk tiap-tiap DOMBA; itulah suatu korban bakaran, bau yang menyenangkan, suatu korban api-apian bagi TUHAN.
14. Dan KORBAN-KORBAN CURAHANNYA haruslah untuk seekor LEMBU JANTAN SETENGAH HIN ANGGUR, untuk seekor DOMBA JANTAN SEPERTIGA HIN  dan untuk seekor DOMBA SEPEREMPAT HIN. Itulah korban bakaran pada SETIAP BULAN baru dalam setahun.      

(UNTUK ITU, harus ini harus itu/precept upon precept, Kolose 2:16 itu tersambung penulisan/precept Bilangan 28:9-14, dan kas tunjuk sangat jelas yang daging, minuman, bulan baru, hari-hari raya dan perayaan-perayaan atau hari-hari Sabat adalah spesifik ukuran korban daging (tepung dan minyak) dan korban minuman (anggur) selama perintah korban-korban binatang pada Sabat semua dan hari-hari kudus. Dan BUKAN mengacu/referensi untuk memecahkan Hukum-Hukum atau kita boleh MAKAN BABI atau daging haram dan sekarang penuh dosa mengabaikan dan memecahkan hari-hari Sabat atau hari-hari Kudus; juga tidak kita bisah oleh Kristus, MEMECAHKAN hukum-hukum Sabat yang adalah mengobversasi/perhiasan oleh memperbudak-memperbudak benar semua di dalam Perjanjian Baru: Lukas 22:54-56, KisahParaRasul 2:1-10, KisahParaRasul 17:1-3, Matius 5:19, etc.)